Wednesday, August 03, 2011

Antara Mitos dan Fakta Menarik Seluruh Dunia



Mitos :

1.Pada zaman dahulu, orang-orang di nicaragua percaya, jika mereka melemparkan wanita muda yang cantik kedalam gunung berapi, maka gunung tersebut akan berhenti meletus.

2.Dalam cerita-cerita rakyat zaman dahulu ada beberapa cara untuk melindungi diri dari serangan vampir, yang paling populer adalah bawang putih dan simbol-simbol agama, tapi ada cara unik yang banyak dipercayai untuk memperlambat jalan nya vampir, yaitu membuat sang vampir sibuk, dengan cara menaburkan biji-bijian, atau membuat kusut benang atau jaring.

3.Adalah tabu di cina kuno jika memberikan kasut jerami sebagai hadiah, karena perkara tersebut dikaitkan dengan kuburan dan membawa sial.

4.Menurut mitos ada bandar di scotlandia yg muncul secara pelik sehari dalam 100 tahun, nama bandar itu adalah Brigaddon.

5.Banyak pelaut percaya jika ada kucing yang naik ke kapal mereka, itu berarti mereka akan bernasib baik dalam perjalanan.

6.Untuk mencegah kanak-kanak lelaki daripada dirasuki roh jahat, zaman dahulu kala orang-orang eropa memakaikan baju berwarna biru pada anak-anak mereka, biru dipilih karena itu adalah warna langit, dan dikaitkan dengan roh-roh yg berada di surga, sedangkan kanak-kanak perempuan dipakaikan baju-baju berwarna pink.

7.Suku Aztec percaya batu Turquoise (batu pirus, warnanya hijau ke biruan) dapat melindungi mereka dari serangan fizik, maka dari itu para prajurit-prajurit aztec menggunakan batu-batu ini untuk menghiasi senjata mereka.

8.Dalam kebudayaan yunani kuno, pengantin wanita biasanya membawa sebongkah kecil gula didalam sarung tangannya, mereka percaya hal itu boleh membawa kehidupan pernikahan yang manis.

Fakta:

1.Albert Einstein pernah menolak tawaran untuk menjadi presiden israel pada tahun 1952.

2.Elemen einstenium, ditemukan pada tahun 1952, dinamakan sempena untuk menghormati einstein.

3.Foto Einstein yg sedang menjulurkan lidah yg sangat populer itu diambil pada ulang tahunnya yang ke 72 oleh seorang fotografer yang selalu mengganggunya yang bernama Arthur Sasse, Einstein sangat menyukai foto itu sehingga dia meng crop foto itu dan memberikan pada kawan-kawannya.

4.Setiap tahun hampir 98% atom dalam tubuh berganti kepada atom yang baru.

5.Pada pesawat jet yg melaju pada kecepatan 1000km/jam panjang pesawat tersebut lebih pendek 1 atom dari panjang asalnya.

6.Di gurun Durango di Mexico, ada tempat pelik yang disebut zon kesunyian, anda tidak dapat menerima signal radio maupun tv, dan penduduk tempatan berkata kadang-kadang mereka melihat bola api melayang di udara.

7.Bisnis pertama Bill Gates adalah Traff-O-Data, perusahaan yg membuat mesin yg merakam jumlah kereta yang lalu pada jalan tertentu.

8.Ethernet ternyata adalah jenama dagang yang terdaftar sebagai kepunyaan Xerox company, dan UNIX adalah jenama dagang nya AT&T.

9.Hanya ada satu satelit yg pernah hancur akibat meteor yaitu satelit angkasa eropa Olympus pada tahun 1993.

10.Sebuah chip komputer sebesar seperempat inchi pada zaman sekarang, memiliki kecepatan yang sama dengan komputer ENIAC tahun 1949,yang saiznya sebesar rumah, dan memakan tenaga letrik yg sama dengan keperluan letrik sebuah bandar kecil.

11.Seekor anjing terbunuh akibat terkena meteor yang jatuh di Nakhla, mesir pada tahun 1911, dan untungnya hanya cuma anjing tersebut satu-satunya makhluk yg diketahui terbunuh akibat meteor hingga sekarang.

12.Pada tahun 1600 an thermometer diisi dengan brandy, bukan mercury. (skrg mercury diguna untuk bahan kosmetik dan dijadikan judul lagu oleh QUEEN ).

13.Air hujan mengandung vitamin B12.

14.Kekerasan ais sama dengan kerasnya besi.

15.Kebalikan dari kata vacuum adalah plenum.

16.Salju yang kotor meleleh lebih cepat daripada salju yang bersih.

17.Karena kadar garamnya yang sangat tinggi,sangat susah untuk menyelam ke dasar laut mati.

18.Dari semua indera manusia, penciuman adalah yg paling erat hubungannya dengan ingatan.

19.Jika kita mengendarai kereta dengan kecepatan 60 km/j menuju bintang terdekat kita yaitu Proxima centauri , maka akan memakan masa 48 juta tahun…. itu sama dengan 685000 kali rata-rata umur manusia.

0 comments:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites