Monday, June 06, 2016

DIY panduan membuat minyak rambut pomade sendiri



DIY panduan membuat minyak rambut pomade sendiri. Bagi penggemar ataupun peminat rambut yang stailisto tentunya tidak asing lagi dengan salah satu benda ini? Benda yang selalu digunakan untuk merapikan rambut agar rambut nampak basah dan senang di atur, namanya adalah pomade.

Pomade merupakan produk hairstyling yang trending di tahun 1900an. Pomade berbahan dasar minyak kelapa, lanolin, wax dan parfum atau fragrance. Semenjak Elvis dan berakhirnya era 50-an, satu-satunya scene yg loyal mempertahankan pomade sebagai identity mereka adalah scene rockabilly dan kustom-kulture. Ditengah-tengh bnjirnya alirn flower-generation/hippies (60-70 an), dan seterusnya aliran era glam-rock 80-an serta alternative rock 90-an, mereka (scene rockabilly/kustom-kulture) tetap setia dengan pomade.

Itu alasan yang cukup mengapa syarikat pomade di USA tidak bangkrup. Sejak dulu, mereka para greasers dan hot-rodders menjadikan pomade dan slick-look sebagai identiti yg sangat mereka banggakan. Di era 80-an perlahan culture rockabilly/kustom-kulture memasuki arena punkrock, mulailah beberapa punk rockers memakai pomade.

Bagaimana membuat pomade? Ternyata proses pembuatan Pomade tidak terlalu susah. Selain itu kita bebas menentukan bahan – bahan ataupun aroma Pomade yang kita inginkan. Berikut merupakan salah satu contoh pembuatan Pomade.

Bahan pomade yang di perlukan

Fresh olive oil/other vegetable oil
Fresh vegetable shortening (optional)
Scented oil/essential oil (to smell good)
Bee's wax

Langkah - langkah membuat pomade

Siapkan bahan-bahannya seperti yang ada di atas , untuk minyak esentialnya bergantung kepada wangi pomade yang di inginkan. Saya suka bau apple heheh.

Lelehkan lilin lebah (bees wax) dalam bekas aluminium yang bersih pada panas rendah, kemudian aduk sampai cair, Tuangkan lilin cair ke dalam bekas pencampuran / pendinginan

Tambahkan minyak sayur, supaya  lilin tidak menjadi terlalu keras bila didinginkan lagi.

Tambahkan minyak esential ( wangi yang anda suka ) untuk menambah aroma untuk pomade tersebut.

Setelah sejuk periksa pomade custom anda samaada terlalu kental atau malah kurang kental, hal ini penting karena ini akan mempengaruhi 'hold' dari pomade ciptaan anda.

Panaskan campuran untuk mengubah konsistensi, jika terlalu kaku tambahkan lebih banyak minyak sayur dan panaskan kembali. Ini akan menghasilkan pomade jenis shine dengan tingkat hold yang tidak terlalu kuat. jika terlalu lembut , tambahkan lilin lebah (bees wax) dan panaskan kembali. ini akan menghasilkan pomade tingkat medium atau bahkan heavy Hold.

Perkara yang Perlu Diperhatikan

Jangan menggunakan microwave untuk mencairkan lilin , hanya menggunakan hotplate atau dapur.
Jangan pernah menerapkan pomade dimata atau di mulut anda
Jangan gunakan lilin selain dari lebah dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

0 comments:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites